Never put off until tomorrow, what can be done today

Menu Navigasi Website

Menu Navigasi

Menu navigasi adalah salah satu komponen penting dalam sebuah website, menu navigasi memberikan jendela kedalam kemampuan kreatifitas web desainer untuk menghasilkan elemen fungsional yang sangat penting didalam sebuah website.

Karena nilai tersebut, menu navigasi diletakkan ditempat yang paling mudah terlihat sehingga memudahkan pengguna untuk menjelajahi website tersebut, dan hal tersebut dapat memberikan penilaian awal terhadap website tersebut.

Desain menu navigasi saat ini telah mencapai level ketertarikan pengguna. Meskipun terdapat pribahasa “Konten adalah Raja” namun untuk mengakses konten tersebut tentu dibutuhkan menu navigasi. Didalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tren dalam mendesain menu navigasi. Beberapa contoh navigasi :

  • Navigasi 3 Dimensi

Delibar

Area konten dari website Delibar terlihat seperti kertas yang ditumpuk menjadi dua, dengan menu navigasi yang seperti menyambungkan keduanya. Navigasi tersebut juga memiliki efek JavaScript yang bergerak keatas bila kita menunjukkan cursor kita ke navigasi tersebut.

Baby Blue Door

Navigasi Blue Door Baby mempunya style seperti pita yang yang menjadi satu di atas feature area. Item menu yang ada menggunakan gambar yang berisi text yang memiliki efek subtle-inset-text.

contoh lain Navigasi 3 Dimensi

  • Navigasi Balon

Mendesain menu seperti bentuk balon percakapan sepertinya merupakan tren populer lainnya. Ini adalah hal yang hebat untuk keluar dari menu berbentuk kotak yang konvesional :-)

Alexarts


Dengan latar sebuah kota. Navigasinya merupakan balon percakapan yang besar yang menunjukkan ke beberapa poinyang berbeda didalam latar.

Kingpin Social


Menu utama dari Kingpin Social ini sangatlah saya untuk dilewatkan, dengan ukuran yang besar, ujung yang tumpul, dan apabila menu tersebut aktif maka akan ada efek highlight warna merah dengan bentuk balon percakapan.

Contoh lain Navigasi Balon

  • Ujung yang Tumpul (Rounded Corner)

Rounded Corners biasanya digunakan untuk memperhalus bentuk dari bentuk kotak, berikut ini tren – tren penggunaan rounded corners kedalam website.

Meta lab

Rounded Corner dengan tambahan icon disebelah kiri membuat menu navigasi website ini terlihat istimewa!

Gugafit

Dengan Rounded Corner dan beberapa efek seperti ketika kita mengarahkan kursor kita ke menu tersebut maka menu tersebut akan berubah menjadi hijau, dan bila menu tersebut aktif maka akan muncul efek seperti tombol tersebut sedang ditekan.

  • Penggunaan Icon Dalam Navigasi

Biasanya di gunakan untuk memperkuat penamaan di tiap menu. Misalnya menu “Home” selalu di sandingkan dengan ikon bergambar rumah dan lainnya. Fungsi yang lain adalah untuk mempermudah pengguna/pengunjung dalam mengidentifikasi menu tanpa harus membaca menu tersebut.

Source Bits


Source bits menggunakan ikon untuk item menu dan item sub menunya.

Dreamling.ca

Website Dreamling.ca menggunakan ikon dan teks yang terlihat dibuat dengan style sketsa tangan dengan bolpen tinta hitam. Desain dengan style seperti ini memberikan cita rasa yang sangat personal (artsy).

Source : http://www.smashingmagazine.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: