Never put off until tomorrow, what can be done today

Robotics

Robot adalah suatu mesin canggih yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa tangan manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkungannya dan dapat melakukan tindakan-tindakan yang terprogram. Pada zaman sekarang robot digunakan untuk maksud-maksud tertentu, yang paling bnyak adalh untuk keperluan industri. Diterapkan pada bidang industry terutama unutk pekerjaan 3D yaitu Dirty, Dangerous atau Difficult. Negara yang banyak menggunakan robot unutk industry adalah Jepang, Amerika Serikat dan Jerman.

Sejarah Robot, berasal dari kata robota, dari bahasa Chekoslavia yang berarti tenaga kerja. Kata ini digunakan oleh dramawan Karel Capek pada tahun 1920 pada sandiwara fiksinya, yaitu R.U.R (Rossum’s Universal Robots). Zamanny saya belum lahir tuh..😀

Cybernetics Organics

Cyborg adalah salah satu hasil rekayasa manusia dengan menggunakan teknologi canggih. manusia robot cybernetic, dibuat dari cangkokan  mesin dan organisme manusia digerakkan seperti manusia secara real. Wuiihh…J

Contoh Aplikasi dari cyborg, munculnya film–film yang menggambarkan suasana masa depan. Teknologi inilah yang menjadi dasar impian manusia tidak hanya mimpi saja, tapi sebuah presentasi yang dipaparkan secara detail oleh para sutradara dan produser film mencoba mengajak manusia menginjak realitas masa depan dan  virtual reality (kenyataan maya). Seperti Film ilmiah-action Alex Proyas, I, Robot.

I, Robot adalah film fiksi ilmiah-action tahun 2004. Film ini disutradarai oleh Alex Proyas  dan diproduksi oleh john davis, Topher Dow, Wyck Godfrey, Laurence Mark dan Will Smith. Will Smith membintangi film ini sebagai Detektif Del Spooner, pemeran utama film ini yang membenci robot dan tidak menyukai integrasi mereka kedalam kehidupa

n manusia. Pemeran lainnya meliputi Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, Shia LaBeouf dan, Film ini dirilis di Amerika Serikat dan kanada pada 16 Juli 2004. (Source : wikepedia)

Film I Robot, menggambarkan suasana tahun 2035 di kota Chicago, Amerika Serikat. kehidupan serba teknologi dan sudah berubah dari mulai gaya hidup sampai bentuk pelayanan publik , hampir semua kehidupan manusia tergantung pada robot dan  Semua pelayanan publik digantikan tenaga robot. Manusia hanya sebagai tuan atau majikan dan tiap hari 1000 robot pada perusahaan USR di perebutkan banyak orang dijadikan pelayan , pembantu rumah tangga maupun pekerja.

kisahnya diawali dengan meninggalnya Dr. Lennin pencipta robot yang diduga bunuh diri dengan cara terjun dari apartemen . Bersama rekan Dr. Lennin yaitu Dr. Calvin ( Bridget Moynahan) , detektif Spooner ( Will Smith ) curiga bahwa kematian Dr. Lennin bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh. Dan ternyata yang dicurigai adalah robot Sunny. Robot Sunny sempat ditangkap dan diinterogasi di kantor Polisi, tapi dibebaskan lagi dengan alasan sudah ada cyberlaw bahwa robot tidak boleh membunuh manusia. Detektif Spooner berkunjung kepembuatan robot USR bersama dengan Dr. Calvin mencari robot Sunny dan sempat menembak dua robot yang disaksikan ratusan robot. Hal itulah yang menyebabkan semua robot ingin balas dendam. Detektif Spooner diserang ratusan robot, salah satu robot mengetahui bahwa tangan detektif Spooner ternyata terbuat dari robot. Akhir cerita otak dari keberingasan robot melawan manusia adalah Alfred. Alfred memaksa robot Sunny membunuh Dr. Lenin. Robot Sunny sempat menolak karena robot tidak boleh membunuh manusia yang tertulis dalam cyberlaw. Alfred punya ambisi menguasai robot tapi terbunuh oleh robot – robot itu.

Ada tiga hukum tentang robot :

  1. Suatu robot tidak boleh melukai manusia atau tidak boleh menyebabkan manusia berada dalam posisi yang berbahaya.
  2. Suatu robot harus menurut pada perintah yang diberikan oleh manusia, kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hokum yang pertama.
  3. Suatu robot harus dapat melindungi keberadaanya sendiri sejauh mana tidak bertentangan dengan hokum pertama dan kedua.

Sedangkan pada kisah nyatanya, Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit, membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial, contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics. Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis, dengan dua perusahaan khusus, Computer motion dan Intuitive Surgical, yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal. Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar perangkat seperti inkubutor, berupa pemegang dan pembaca cairan. Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk tugas-tugas ini, bentuk tubuh Artopoda  umumnya disukai. Mark W. Tilden dahulunya spesialis Laboraturium Nasional Los Alamos membuat robot murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung penuh.

Robot bersayap eksperimental dan contoh lain mengeksploitasi biomimikri juga dalam tahap pengembangan dini. Yang disebut ” nanomotor” dan ” Kawat cerdas” diperkirakan dapat menyederhanakan daya gerak secara drastis, sementara stabilisasi dalam penerbangan nampaknya cenderung diperbaiki melalui giroskop yang sangat kecil. Dukungan penting pekerjaan ini adalah untuk riset militer teknologi pemata-mataan.

Itulah sekilas ulasan tentang Robotics & cyborg,  semoga artikel ini bermanfaat..:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: